Bias Melayani Sendiri dalam Poker | Poker Rasional

Bias melayani diri sendiri – kecenderungan untuk mengaitkan kesuksesan dengan faktor internal atau pribadi tetapi mengaitkan kegagalan dengan faktor situasional di luar kendali kita.

Anda pernah memperhatikan bagaimana orang yang terlambat tidak pernah berkata, “Maaf saya terlambat. Aku malas dan tidak bertanggung jawab.” Tidak. Mereka berkata, “Hujan.” atau “Alarm saya tidak berbunyi”. atau “Lalu lintas sangat buruk hari ini!” Orang akan gunakan alasan apapun untuk mencoba dan menghindari kegagalan. Ketika kegagalan terjadi, mereka ingin itu tampak seperti mereka memiliki kendali sesedikit mungkin atas hasilnya. Dengan menolak bahwa mereka memiliki pengaruh kausal, mereka juga menolak kesalahan yang akan menyertainya. Bagaimana mungkin seseorang bertanggung jawab atas keadaan yang bahkan tidak bisa mereka pengaruhi? Ini tidak terlalu buruk, tetapi orang benar-benar percaya alasan yang mereka berikan kepada orang lain. Itu bukan alasan bagi mereka – itu adalah kebenaran.

Anda tahu suara kecil di kepala Anda itu langsung dan secara otomatis menawarkan alasan ketika ada yang salah? Itu bias mementingkan diri sendiri. Itu dengan andal mencari alasan terbaik dan menyajikannya kepada pikiran Anda yang lebih tinggi sebagai alasan yang paling mungkin mengapa kegagalan terjadi. Itu terjadi dalam sekejap — terlalu cepat untuk diperhatikan. Dan jika pikiran Anda tidak langsung mempercayai alasannya, itu akan terus mengulanginya kepada Anda sebanyak yang diperlukan. Akhirnya, itu akan meyakinkan Anda bahwa itu pasti kebenaran. Ini adalah cara pikiran kita untuk melindungi kita dari konsekuensi luar tetapi juga untuk melindungi jiwa kita dari rasa sakit karena kegagalan.

Apa salahnya tidak ingin merasa gagal? Bukankah baik untuk merasa baik tentang diri sendiri? Untuk gelar, ya. Tetapi masalah dengan menghindari rasa sakit semacam ini adalah bahwa itu hanya memastikan bahwa apa pun yang memengaruhi Anda telah melakukan memiliki atas situasi tidak akan pernah datang untuk menanggung dalam mencegah kegagalan di masa depan. Bagaimana Anda dapat meningkatkan perilaku Anda jika Anda tidak yakin bahwa Anda memiliki kendali atas hasilnya?

Sama seperti dalam hidup, ketika orang dikalahkan dalam poker, mereka jarang menerima tanggung jawab. Ketika mereka kalah, alih-alih langsung berkata pada diri mereka sendiri, “Bagaimana saya bisa bermain lebih baik?”, mereka malah memiliki reaksi emosional yang mendalam. Kemarahan menggerogoti mereka dan bias mementingkan diri mereka sendiri muncul. Sebuah cerita yang terdengar masuk akal keluar dari alam bawah sadar mereka untuk mengapa mereka tidak bersalah. Dalam poker, keadaan luar standar adalah keberuntungan. “Saya memainkannya dengan sempurna tetapi kurang beruntung!” Yang lain justru akan menyalahkan lawan mereka saat mereka kalah. “Aku bertaruh all-in tapi idiot ini memanggilku!” atau bahkan “Panggilan yang mengerikan! Bodoh donk!”

Jika Anda membuat alasan untuk kegagalan Anda dalam poker, Anda tidak bisa menjadi lebih baik. Semua pertumbuhan berhenti dan permainan Anda berhenti meningkat. Bagaimana bisa? Jika Anda mendengarkan bias mementingkan diri sendiri, Anda sudah tahu bahwa tidak ada yang dapat Anda lakukan untuk meningkatkan hasil saat Anda kalah.

Untuk saat ini, ketahuilah bahwa bias melayani diri sendiri adalah lawan utama Anda dalam poker (dan bukan yang lain yang duduk bersama Anda di meja). Dalam posting saya berikutnya, saya akan merinci bagaimana cara mengoreksi bias ini. Saat Anda belajar mengatasi bias mementingkan diri sendiri dalam poker, Anda juga akan mulai melihat kesejajaran dengan kehidupan nyata dan belajar menggeneralisasi solusi ini ke situasi lain juga.

Author: wpadmin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *