“Seperti inilah rasanya 5%.”

“Inilah rasanya 5%.”

Hari ini saya akan memberi Anda teknik eksplisit untuk meningkatkan rasionalitas Anda. Tapi pertama-tama, penyimpangan singkat: Pernahkah Anda melihat pemain poker di TV berbicara dengan diri mereka sendiri? Ini adalah fenomena yang menarik dan ada beberapa motivasi berbeda di baliknya. Pemain seperti Phil Hellmuth dan Mike Matusow mungkin melakukannya untuk menghindari memiringkan ketika mereka tidak beruntung. Tapi saya lebih tertarik pada bentuk lain dari self-talk di mana pemain mengatakan pada diri mereka sendiri dengan keras seberapa besar kemungkinan mereka untuk menang. Itu adalah sesuatu yang saya lihat banyak dilakukan oleh pemain seperti Phil Laak.

Misalnya, ketika Laak mendapatkan uangnya di belakang, alih-alih mengeluh tentang nasib buruknya, dia sering mengatakan hal-hal seperti, “Wow. Seperti inilah rasanya 5%” — menunjukkan bahwa dia masih memiliki 5% peluang untuk memenangkan tangan. Kenapa dia melakukan hal ini? Apakah dia mencoba untuk tetap positif dan optimis dalam menghadapi peluang panjang? Mungkin. Tapi saya punya teori lain. Apakah dia mengetahuinya atau tidak, Phil Laak sebenarnya kalibrasi. Saat kartu dibagikan, dia terus memperbarui komentar verbal untuk memperkuat dalam pikirannya probabilitas yang berbeda “merasa” Suka. Di tepi sungai, dia mungkin mengatakan hal-hal seperti, “Inilah rasanya 2%”. Dia mengkalibrasi pikirannya untuk secara naluriah mengetahui bagaimana rasanya menjadi tembakan 50:1.

Ini mungkin terdengar konyol bagi Anda… terutama jika Anda sudah mahir dalam matematika. Anda mungkin berkata, “Saya sudah tahu bahwa jika saya 5% untuk menang, saya akan menang 1 dari 20 kali. Apa masalahnya?” Masalah besarnya adalah, secara default, hampir semua modul pikiran Anda salah satu tidak bisa menangani probabilitas atau mencondongkan mereka ke dalam melayani diri sendiri cara. Bahkan jika Anda konsultatif pikiran tahu matematika, kecuali Anda telah secara eksplisit melakukan latihan kalibrasi di mana Anda telah punya sesuatu di telepon, sisa pikiran Anda akan konsisten menaksir terlalu tinggi seberapa sering peristiwa probabilitas tinggi akan terjadi (seperti probabilitas 80%) dan secara konsisten meremehkan kemungkinan bahwa peristiwa probabilitas yang lebih rendah akan terjadi.

Jika Anda belum pernah bermain poker sebelumnya, Anda mungkin mendengar bahwa beberapa hasil bagus untuk Anda adalah 91% kemungkinan terjadi dan berpikir, “Kedengarannya fantastis!”. Sejak pikiranmu ingin mempercayainya, bahkan mungkin menipu Anda untuk merasa seperti hampir hal yang pasti. Tetapi jika Anda bermain poker, Anda akan tahu bahwa 91% seperti mencoba memegang tangan Anda melawan tembakan dengan satu kartu yang akan datang. Anda akan tahu seperti apa rasanya. Jadi, Anda akan tahu bahwa 91% adalah jauh lebih sedikit otomatis daripada yang dirasakan secara intuitif.

Saya sangat merekomendasikan bahwa sebagai bagian dari pelatihan rasionalitas Anda, Anda mengkalibrasi seperti ini saat bermain poker. Ketika Anda mendapatkan semua, segera hitung peluang Anda untuk menang tangan. Kemudian katakan pada diri sendiri, “Inilah yang XX% terasa Suka.”

Seiring waktu, Anda akan mulai merasakan probabilitas secara intuitif alih-alih hanya mendengar angka dan memikirkan kamu tahu apa artinya itu. Ini memiliki konsekuensi untuk rasionalitas hidup yang lebih luas juga. Seperti semua bias, menjadi salah kalibrasi biaya Anda kegunaan. Semakin Anda salah terkalibrasi, semakin banyak subjek yang harus Anda kehilangan waktu, uang, dan kesejahteraan. Anda akan lebih mungkin menolak kekalahan, menghindari risiko, rentan terhadap bias tanpa risiko, pemesanan belanda, preferensi melingkar, atau bahkan mengabaikan probabilitas sepenuhnya ketika membuat keputusan di bawah ketidakpastian. Jika Anda salah dikalibrasi, dunia akan memanfaatkan Anda di setiap kesempatan. Ingat: sama seperti ekonomi poker, ekonomi riil kita dan bahkan masyarakat pada umumnya dirancang dengan mempertimbangkan kesalahan kalibrasi Anda. Ini akan memberikan eksploitasi sebanyak yang didukung oleh pemikiran buruk Anda. Jadi kalibrasi adalah masalah besar. Pastikan Anda terkalibrasi dengan baik untuk menghindari hilangnya utilitas yang konstan ini!

Author: wpadmin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *